Proses Metamorfosis pada Kupu-Kupu


Kupu-kupu, hewan yang satu ini bisa terbang dan memiliki warna yang indah cemerlang. Semua orang pasti senang melihat keindahan sayap-nya apalagi jika mereka berkelompok.
Kupu-kupu tergolong serangga ordo Lepidoptera atau ‘serangga bersayap sisik’ (lepis, sisik dan pteron, sayap). Dia dikenal sebagai serangga penyerbuk tanaman, yang membantu bunga-bunga berkembang menjadi buah. Kenapa? karena kupu-kupupada umumnya hidup dengan mengisap madu bunga (nektar/ sari kembang). Akan tetapi beberapa jenisnya menyukai cairan yang diisap dari buah-buahan yang jatuh di tanah dan membusuk, daging bangkai, kotoran burung, dan tanah basah.
Tahukah teman, semua jenis kupu-kupu sebelum memiliki tubuh yang indah mereka harus melalui tahap-tahap hidup sebagai telur, ulat, kepompong, dan akhirnya menjadi kupu-kupu cantik. Proses itu disebut “Metamorfosis Kupu-Kupu
Berikut selengkapnya bagaimana kupu-kupu bermetamorfosa
  1. Telur menempel pada daun inang lamanya 2-7 hari
  2. Setelah itu menjadi Ulat (larva) berumur 14-20 hari dengan berganti kulit 4-5 kali, pada umur itu mengkonsumsi daun setara luasan 20x30cm.
  3. Lalu menjadi kepompong (chrysalis/pupa) berpuasa dan beristirahat selama 14-16 hari, butuh waktu 1-2 jam untuk mengeringan sayap sebelum siang terbang untuk pertama kalinya.
  4. Kepompong akan menjadi kupu-kupu dewasa yang indah nan cantik.
Gambar Ilustrasi Metamorfosis Kupu-Kupu

0 comments on Proses Metamorfosis pada Kupu-Kupu :

Post a Comment


.:berkomentarlah dengan sopan
.:jangan berbicara kotor
.:jangan berkomentar SARA
.:Jangan sampai Spam
.:Jangan Asal COPAS. kalau mau COPAS. silahkan sertakan link sumber
.:jangan sertakan link hidup
.:dan. berkomentar adalah salah satu karakteristik sobat Blogger yang Setia dan Baik :)

Ninja Saga

Cheat

Kontes SEO

Tips n Trik

Ayo Dance

Lost Saga

Prediksi

Recent Post